Selangor Terlalu Berani Mempromosikan Pariwisatanya


Selama 6 hari 5 malam, dimulai dari tanggal 23-28 September 2010 gue terbang ke Selangor untuk mengikuti blog competition yang di selenggarakan oleh Tourism Selangor. Tujuannya adalah untuk mempromosikan pariwisata di Selangor, berikut ini adalah link dari cerita-cerita gue selama di sana, dan di bawah adalah opini gue tentang kegiatan ini. Silahkan dibaca dan dikomentari, sekalian divote supaya gue menang ^_^

Opini Gue:

Pariwisata adalah ladang emas jika kita bisa mengelola dengan baik, menyadari hal itu Malaysia menjadikan pariwisata di barisan kedua penghasilan negara. Turis adalah sumber devisa, maka itu mereka wajib memberikan garansi tujuan wisata yang menarik dan dikelola dengan baik. Promosi gencar melalui media konvensional seperti iklan di media cetak dan elektronik, tidak lupa menyebar agen-agen wisata ke sejumlah negara-negara. Tapi sekarang ini jamannya media online, dan Tourism Selangor mempunyai cara yang unik untuk mempromosikan pariwisata di Selangor, Malaysia.

Tourism Selangor membuat sebuah kompetisi blog untuk mempromosikan pariwisata di Selangor. Dengan mengundang 30 blogger dari Malaysia, Singapura, dan Indonesia, mereka diajak keliling wisata-wisata di Selangor serta diwajibkan untuk menuliskannya dalam blog. Kenapa tidak mengundang wartawan lokal dan internasional saja? Gue kira lebih murah biayanya mengundang blogger. Kalau hanya wartawan saja kontennya tidak akan abadi, dicetak, dibaca, dan dibuang. Tapi kalau blogger, sekali mereka posting kontennya akan abadi di internet (selama teknologi internet tidak collapse). Sehingga orang-orang yang mencari informasi tinggal ketik di mesin pencari dan akan tertuju pada postingan para blogger. Selain itu foto yang dipamerkan oleh blogger bisa lebih banyak, daripada mengundang fotografer mahal kenapa tidak undang blogger. Meski hanya mengandalkan kamera poket. Apalagi kalau blogger tersebut mengkhususkan blog-nya sebagai Photo Blog dijamin pasti banyak foto bagus beredar di internet, beda dengan gue yang hanya mengandalkan tulisan yang amburadul.

Lagipula blogger juga adalah wartawan, istilah Citizen Journalism sekarang ini sedang ngetrend. Tulisan-tulisan para blogger lebih jujur dan apa adanya, tidak seperti wartawan komersil yang mengumbar promosi sehingga yang baca berpikir ‘halah tulisannya dibagus-bagusin, padahal kalau kita datang tempatnya jelek’

Selangor memang punya potensi untuk dipromosikan, mulai dari medical tourism-nya dengan pengobatan dan fasilitas kesehatan yang modern serta harga bersaing dengan negara-negara tetangga. Meningkatkan ekonomi warga pinggiran dengan membuat paket homestay, tinggal dan hidup dengan orang kampung menjadi pilihan yang menarik bagi sebagian kalangan. Tempat-tempat wisata buatan manusia semacam Genting Highland dan Sunway Lagoon yang berbasis Integrated Resort pun menarik wisatawan dan keluarga untuk datang berlibur. Dan banyak yang menarik di Selangor untuk dikunjungi.

Maka tak heran jika Selangor terlalu berani untuk mempromosikan pariwisatanya. Karena mereka didukung dengan atraksi dan tujuan yang menarik serta hospitality yang memadai. Nggak rugi mereka mengeluarkan kocek buat mengundang blogger.

73 pemikiran pada “Selangor Terlalu Berani Mempromosikan Pariwisatanya

  1. memang, keberanian sepertinya mutlak dimiliki oleh orang atau suatu lembaga dalam hal mencapai tujuan/hasil dari yang telah direncanakan sebelumnya. dan dalam jaman teknologi –khususnya inet– bentuk promosi yang telah/sedang dilakukan oleh pihak selangor dengan mengadakan sebuah kompetisi blog menurut saya bagus dan tepat sasaran. toh, skrng keberadaan makhluk yang bernama “blogger” telah diperhitungkan pengaruhnya dalam dunia inormasi skrng.

    #maju trus pantang mundur, gutlak semoga menjadi jawara kontes :D

    1. nah itu dia keberadaan makhluk bernama “blogger” sekarang ini punya nama, bahkan beberapa negara takut dengan blogger. ada kan yang ampe dipenjara gara-gara ngeblog. hehe karena memang temanya yang bikin pemerintahan negara tersebut panas dingin haha…

      blogger lebih jujur dan apa adanya, bebas asal gag keblabasan ajah,,,

      thx youuuuuuuuu

  2. kalo promosiinnya via blogger berarti mereka pinter tuh :) biaya lebih rendah dengan pembaca yang kurang lebih sama atau bahkan lebih banyak.. biasanya juga blogger2 kan punya pembaca setia jadi cerita yang disampein bakal lebih ngena :)

  3. y jangan gt lah sob, dengan itu mungkin akan ada banyak tanggapan mengenia selangor jika tanggapan pengunjung kurang baik setidaknya wilayah selangor bisa memperbaikinya gt

  4. mudah2an menang mas alid, tukeran link ya. Eniwei asyik banget kegiatanmu itu. Mbah juga mau he he he

    skrg ini memang lebih enak promosi via blogger, bahkan ada satu produk yg membiayai 3 blogger untuk keliling dunia bersma produknya, saya lupa, kalau tidak salah coca cola itu…

    mantab, semakin populer blog kita, smakin oke…

    salam hangat dari Malang, alid orang jombang ya??

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s